Kamis, 30 April 2009

POMPA AIR SAMBIL BERMAIN

Pernah bermain putar-putar saat anda masih kecil? Ternyata mainan ini dapat ikut juga membantu kita mendapatkan air bersih yang sangat diperlukan dibanyak tempat. Selain itu, anak-anak pun tetap senang dengan mainan barunya.
Air bersih bukan saja susah didapat. Tetapi juga sangat memakan energi. Kita bisa saja seenaknya pakai air di rumah, tetapi tanpa sadar kita memakai pompa air listrik. Untuk daerah-daerah tertinggal dan terpencil dimana listrik pun sulit maka mendapatkan air bersih itu sangat sulit. Kita harus memompa dengan pompa tangan yang sangat berat dan melelahkan, atau harus berjalan berkilo-kilo meter hanya untuk mendapatkan air bersih dan membawanya kembali.

Play Pumps, sebuah yayasan yang digagas oleh Trevor Field mendapatkan ide ini saat ia melihat hal yang serupa di sebuah pameran di tahun 1989. Inovasi ini lantas digali lebih lanjut untuk diimplementasikan di tempat-tempat terpencil di Afrika pada tahun 1994. PlayPumps mendapatkan banyak sorotan media saat Presiden Nelson Mandela ikut meresmikan PlayPump di sebuah sekolah.
Cara kerjanya sangat sederhana seperti di bawah ini:








Saat anak-anak bermain di komedi putar (1), air bersih terpompa (2) dari tanah (3) ke dalam tangki berkapasitas 2,500 liter (4). Lalu air mengalir melalui kran (5) Sehingga orang dewasa maupun anak-anak mudah mengambil air bersih yang turun dari tangki penampung air.
Jika air bersih dapat diperoleh dengan lebih mudah dan cepat, maka anak-anak dapat bersekolah & bermain. Anak-anak tidak perlu lagi menghabiskan waktu jauh-jauh mencari dan mengangkut air bersih karena air bersih sangat diperlukan untuk sanitasi, makan, minum, dan lainnya yang sangat vital untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
Bagaimana kalau kita bawa inovasi ini ke Indonesia? Saya yakin masih banyak sekali pelosok yang sangat membutuhkan air dan tidak memiliki energi cukup untuk pompa seperti contohnya di Maumere dimana orang juga harus menampung air hujan karena kekurangan air.

Berita Lainnya

 

Copyright © 2009 by OKAPRODUCTION